TUTORIAL Cara Membuat Partiton Swap Android

Discussion in 'OTHERS GUIDE & TUTORIAL' started by Achmad Imanudin, May 14, 2018 at 2:29 PM.

Tags:
  1. Achmad Imanudin

    Achmad Imanudin MAIReborn Official Writer

    Messages:
    83
    [​IMG]
    Sebelum kita meluncur lebih jauh ada kala nya kita kenalan dulu dengan swap ini, dan apakah kalian sudah tau apa itu swap dan seperti apa cara kerja swap di android ? apakah lebih cepat atau lambat, yap sekarang akan saya jelaskan satu persatu itu semua dan sekarang silahkan kamu simak artikel ini.

    Apa itu Swap dalam Android dan Bagaimana Cara Kerja nya ?
    Kalau diartikan swap itu artinya menukar, swap berfungsi sebagai virtual ram dimana tugasnya menyimpan atau menukar aplikasi yang ada di background / latar belakang yang tidak dipake, misalnya kita buka satu aplikasi dan kita minimize lagi lalu kita buka aplikasi ke dua lagi dan kita minize lagi dan seterus nya nah disitu lah swap mulai melakukan tugas nya.

    Apa Manfaat yang didapat setelah melakukan Swap ?
    • Multitasking jadi lebih banyak
    • Performa saya rasa jadi lebih sedikit bagus
    • Mengurangi beban RAM
    • Masih banyak lagi sebenarnya dan silahkan kalian coba rasakan sendiri sensasinya
    Apa Kekurangan yang didapat setelah melakukan Swap ?
    • Sdcard class harus lebih besar dan storage juga harus lebih banyak, kenapa ? karena dalam melakukan swap kita membuat partisi baru yang nanti nya kita taruh untuk swap dan itu kita bisa atur ukuran swap nya juga, terus kenapa harus class yang tinggi ? jadi tiap masing-masing class pada sdcard itu memiliki read write yang berbeda dan harga nya juga pasti berbeda.
    • Swap bisa membuat umur sdcard kalian jadi lebih cepat alias cepet rusak karena kita terlalu sering memaksakan data nya kita simpan ke sdcard terus juga karena kita juga sering melakukan perubahan pada data swap yang nanti nya sdcard juga ikut berubah makanya semakin banyak kita melakukan perubahan pada data swap sdcard itu juga bisa membuat rusak karena terlalu sering.
    Apa syarat nya jika kita ingin melakukan swap ?
    1. Root
    2. Sdcard Class high ( Recommended Class 10 )
    3. Simple Root Swap ( ini salah satu app swap yang saya rekomendasikan, karena mudah )
    [​IMG]
    Cara Swap dengan Simple Root Swap :
    • Silahkan kalian download lalu buka
    • Terima perizinan root apabila muncul pop up perizinan root terima saja
    • Klik bagian size, disana kamu bisa atur size nya sesuai yang kamu inginkan pastinya jangan melebihi batas penyimpanan data sdcard kamu ya
    • Jika sudah kita atur size nya langsung klik Re / Create disini re artinya kita membuat ulang partisi tersebut dan Create artinya membuat partisi baru
    • Centang Auto Start, kenapa harus dicentang? karena jika kita melakukan restart hp, app ini langsung berjalan otomatis dan langsung berkerja dilatar belakang
    • Selanjutnya pilih ON dan selasai sekarang bisa kamu reboot dan coba hasil nya.
    Seperti itulah cara membuat partisi swap diandroid, terkadang kita harus mengorbankan sesuatu yang berharga untuk mendapatkan apa yang ingin kita dapatkan hehehe, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya, semoga berhasil. Sekian dan Terimakasih.
     

Share This Page